BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Wednesday, 31 December 2008 17:34

Bambang SupenoAssalamu'alaikum Wr. Wb.

Nama saya, Bambang Supeno.
Saya seorang muslim yang biasa-biasa saja, bukan ahli agama dan juga bukan orang yang berprofesi di bidang keagamaan seperti Ustadz atau Ulama dan lainnya. Bukan, saya masih jauh dari profesi yang mulia itu. Namun saya hanya insan biasa yang yang tak luput dari kekhilafan, tapi saya juga selalu memiliki keinginan yang kuat untuk berbuat sesuatu yang bisa bermanfaat bagi sesama muslim dan masyarakat lainnya sesuai kemampuan saya. InsyaAllah.

Atas hal itulah saya membuat web balimuslim.com ini yang barang kali bisa bermanfaat untuk menjawab  pengunjung yang ingin tahu "bagaimana muslim atau islam di Bali?" dan sharing berbagai informasi yang Islami lainnya.

Dari mulai sedikit artikel yang ada ini akan terus saya kembangkan sehingga mudah-mudahan bisa memberi gambaran kepada para pengujung balimuslim.com tentang Islam di Bali. Dan saya tentu saja tak bisa bekerja sendiri karenanya saya mengharapkan bantuan informasi dari saudara-saudara Muslim lainnya, bila mempunyai artikel atau pun foto-foto tentang kegiatan islam atau muslim di Bali atau daerah lainnya mohon dapat dikirim ke saya. Sehingga artikel-artikel di balimuslim.com ini nantinya lebih banyak dan lengkap, yang tentunya akan lebih bermanfaat.

Saat ini saya berprofesi sebagai seorang PNS di sebuah institusi pemerintah dan hidup di Kuta bersama seorang istri dan dua orang anak. Dan saya berbahagia karena bisa mengabdikan diri di bidang pekerjaan pemerintah ini dengan berbagai suka-duka nya, yang insyaAllah sebentar lagi saya akan memasuki masa pensiun.

Pada waktu senggang saya menyalurkan hobi dan kecintaan saya kepada komputer. Dimulai tahun delapan puluh enam saya menjadi instruktur komputer di berbagai tempat kursus dan akademi. Tahun-tahun itu saya mengajar mulai dari MS-DOS, WS 4, Lotus, Dbase, FoxPro, Pascal, C language dan materi Sistim Informasi Manajemen (MIS), waktu itu belum ada yang namanya internet ataupun website. Jadi setelah selesai kerja harian di PNS, sore saya mulai melanglang dunia jalan jalan di kota Denpasar hanya untuk mengajar siswa-siswa saya. Oya, tentu saya juga dapat honor jadi alhambulillah sudah dapat rejeki. Yang membahagiakan saya karena mereka (siswa-siswi) juga merasa puas dan senang mendapat tambahan ilmu komputer sehingga dengan tambahan keterampilan itu mereka bisa mendapat prioritas untuk mendapatkan pekerjaan. Maklum pada masa itu di kantor-kantor juga peralihan antara menggunakan mesin ketik manual ke komputer.

Tahun 1996 saya mulai mengurangi kegiatan ajar-mengajar ini karena merasa sudah cukup lama dan usia makin bertambah jadi sudah capek kalau sehari penuh harus meninggalkan rumah. Saya beralih profesi sambilan di bidang tourism (maklum tinggal nya di Kuta, lama-lama kena imbas juga). Saya mulai senang menjadi guide kagetan dengan modal 'bahasa Inggris Kuta' dan lama-lama saya bisa menikmati profesi ini. Mulai dari jemput tamu di bandara Ngurah Rai, Juanda, Yogyakarta sampai Sukarno Hata di Jakarta, kemudian overland ke Puncak, Bandung, Semarang, Dieng, Yogya, Bromo, Ijen Crater, Bali hingga ke Lombok.

Awalnya saya tidak mau karena tidak ada pengalaman, tapi saya jadi tertarik karena beliau (sekarang sudah almarhum) yang pernah menawari pekerjaan ini tahun 1996 awal sekali bilang pada saya 'Pekerjaan ini juga mulia, karena bisa membahagiakan orang. Bayangkan tamu-tamu yang datang dari segala penjuru dunia yang sebelumnya tidak tahu apa-apa tentang tujuan wisatanya kemudian mereka menjadi senang, puas dan bahagia ditempat tujuan wisatanya karena kamu bantu.'
Hati saya terketuk, jadi lah saya ambil tawaran itu, karena itu mulia dan saya pikir gampang.
Walau pun, kenyataan nya ..... tidak!, tidak semudah itu.

Selanjutnya saya juga ternyata banyak menerima complain, dan amarah karena ternyata di lapangan banyak juga yang berbeda dengan brosur di atas kertas, seperti tiket yang tiba-tiba dibatalkan oleh airline, obyek wisata yang tutup karena masalah sepele padahal sudah reservasi jauh-jauh hari, kamar hotel dan restoran yang tidak memuaskan, di tengah jalan saat tour AC mobilnya macet dan banyak, banyak lagi.
Tapi saya tidak putus asa, dan berpikir hitung-hitung belajarnmelatih kesabaran jadi saya tetap ambil pekerjaan ini. Alasan lain yang terutama adalah karena melihat mereka tamu-tamu domestik dan asing itu banyak juga yang puas ketika kita bantu selama di Bali sampai menjelang berangkat kembali ke tempat asalnya. Saya bahagia karena mereka juga bahagia. Bahkan banyak juga dari mereka-mereka yang sampai saat ini menjadi sahabat dan terus berkomunikasi serta berulang kali balik ke Bali sebagai sahabat abadi.

Well (ini bahasa Inggris Kuta), itulah sekilas tentang saya yang mungkin beberapa paragraph tak ada hubungannya dengan web balimuslim.com ini tapi sebetulnya menjadi dasar kenapa saya ingin membangun website ini. Intinya saya ingin berbagi, berbagi informasi dan membantu mereka yang membutuhkan informasi sesuai kemampuan saya sekaligus saya bisa terus belajar, dan belajar.

Sementara sekian dulu ntar anda bosan, nanti akan saya sambung lagi dalam tulisan berikutnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Bambang Supeno

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Profil Saya Tentang Saya

Thank you for choosing us