BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Thursday, 09 October 2014 01:06

Tentang balimuslim.com

Assalamu'alaikum wr. wb.
Pada kesempatan ini ijinkan saya menceritakan bagaimana awal mula saya membangun balimuslim.com

Ide
Sekitar Oktober 2008 ketika suatu malam saya duduk-duduk di rumah. Saya teringat kalau saya sedang berada di luar Bali dan bertemu teman-teman atau keluarga mereka selalu bilang bahwa mereka ingin sekali wisata ke Bali tapi mereka takut dan ragu-ragu untuk mengunjungi Bali.
Waktu saya tanyakan kenapa? alasan mereka karena kalau di Bali nanti mereka akan kesulitan mencari tempat makan yang halal atau pun rumah makan muslim disamping akan kesulitan untuk mendapatkan masjid untuk shalat.
Padahal, kenyataan nya saya sudah puluhan tahun hidup di Bali tidak pernah mengalami seperti yang mereka khawatirkan.

Ingatan kata-kata tersebut seringkali muncul dalam kehidupan saya namun saya tidak terlalu peka untuk menangkapnya. Baru pada malam itu lah saya berpikir serius.
Kenapa tidak? saya seharusnya bisa membantu mereka-mereka yang ragu-ragu bahkan takut ke Bali karena adanya alasan tersebut agar mereka tetap datang ke Bali tanpa rasa khawatir.
Tapi dengan cara apa saya bisa membantu? Menulis informasi tentang muslim Bali di media seperti koran? Kemampuan menulis saya di media belum pandai, bisa-bisa saja tidak dimuat dan kalau pun dimuat tidak mungkin informasi itu akan dimuat terus-menerus.

Keinginan kuat untuk menemukan cara mewujudkan keinginan saya tersebut, mengisi hari-hari saya selanjutnya. Selama itu hati saya tak pernah sepi dengan harapan bahwa saya insyaAllah dapat menemukan caranya.
Dan.. alhamdulillah suatu hari ide itu saya dapatkan.
Kenapa saya tidak menuliskannya melalui website? sehingga informasi nya bisa dibaca terus menerus oleh warga muslim di luar Bali yang membutuhkannya? toh untuk website nya saya bisa membuat sendiri, walau sederhana yang penting konten nya bisa bermanfaat untuk orang lain. Dan barangkali saya bisa mendapatkan pahala, hitung-hitung saya bisa beramal informasi walau pun satu ayat.

Sejak itu hari-hari saya mulai diisi dengan pikiran untuk menemukan nama domain apa yang akan saya pakai. Dan akhirnya melalui searching di google dan pertimbangan saya pastikan untuk memakai nama domain balimuslim.com

Mengingat web ini nantinya membutuhkan konten yang banyak waktu itu saya pikir untuk mengajak beberapa teman-teman muslim barangkali bisa membantu kerja sama dan karena ini kerja sosial tentunya tanpa honor. Sayangnya beberapa teman-teman tidak terlalu bersemangat dengan ajakan tersebut, saya juga maklum mungkin mereka sibuk dengan kerjaannya sehari-hari baik di kantor mau pun di rumah masing.  
Bahkan ada teman yang mengingatkan bahwa nama balimuslim.com terlalu ekstrim bisa-bisa dianggap SARA karena kita tinggal di Bali yang mayoritas Hindu. Tanggapan ini sangat menyedihkan saya.

Bagaimana mungkin, keinginan membuat sebuah blog yang isinya cuma berisi tentang data umat Islam dan informasi muslim di Bali, menggunakan biaya dan dikerjakan sendiri tanpa kenal lelah tiba-tiba merembet pada kata SARA? Na’udzubillahi

Saya hampir patah semangat waktu itu karena sudah disinggung dengan kata SARA. Pikiran dan kemauan yang menggebu-gebu hampir pudar seperti nyala lilin yang makin meredup dan berniat untuk melupakan keinginan saya. Namun ternyata saya tetap tidak bisa melupakan.
Dari pagi sampai petang, niat tulus saya itu pelan namun pasti muncul dengan sendirinya dan membuat saya merenung lagi. Akhirnya saya memberanikan diri untuk tetap mewujudkan keinginan saya. Insya Allah tidak akan ada pikiran negatip dari siapa pun yang membaca web balimuslim.com ini.
Jadilah saya mendaftarkan nama domain balimuslim.com ini di salah satu perusahaan webhosting.

Dana
Tentu saja biaya yang  harus saya keluarkan untuk mewujudkan balimuslim.com ini mulai dari awal sampai sekarang saya harus mengeluarkan sendiri. Kalau minta bantuan teman-teman sudah tidak mungkin karena dari ajakan untuk bergabung saja mereka sudah keberatan.
Saya membeli nama domain dari menyisihkannya dari uang gaji (yang juga terbatas kalau nggak bisa di bilang pas-pasan) sekali gus biaya hostingnya per bulan.
Tapi saya bahagia, saya merasa sebagian hidup saya punya arti ketika web balimuslim ini terwujud. Dan lebih dari itu, ternyata selanjutnya web ini telah memberi banyak rejeki dalam mencari nafkah saya di hari-hari selanjutnya.
Yang sangat membahagiakan saya adalah dengan banyak munculnya komentar yang baik dan sangat mendukung agar web ini terus dikembangkan dan diupdate.

Proses
Ketika saya punya niat untuk membuat balimuslim.com ini selintas saya sudah punya bayangan bagaimana mengisi konten halaman-halaman nya. Yaitu mengumpulkan informasi dari tulisan-tulisan yang ada di web dan juga mencari tambahan data nya ke lembaga keagamaan muslim di Bali.
Jadi ketika domain balimuslim.com sudah bisa tampil di web, saya mengunjungi ke Kantor Wilayah Kementrian Agama, Provinsi Bali untuk meminta data tentang muslim di Bali, seperti nama-nama masjid di Bali. Namun kenyataannya tidak semudah itu.
Dari kantor tersebut saya balik dengan tangan hampa, karena katanya tidak bisa sembarangan untuk minta data. Saya diberitahu harus ada surat permohonan dan lain-lain kelengkapan yang menurut saya tidak terlalu signifikan.
Saya juga tidak mengerti kenapa sesulit itu untuk minta data yang bisa diinformasikan kembali ke publik. Tapi saya tidak su’udzon.
Saya mengalah, saya tidak jadi melanjutkan lagi mencari data-data ke lembaga pemerintah untuk disikan ke dalam konten balimuslim.com

Setelah berpikir-pikir, akhirnya saya putuskan untuk mengisi data masjid di Bali saya akan mengunjungi sendiri ke tempat masjid itu berada. Sejak hari itu hari demi hari di sela-sela waktu habis ngantor, saya mencari masjid untuk shalat dan membuat foto-foto nya sekali gus. Kalau hari minggu atau hari libur, saya sempatkan ke luar kota hingga desa Pegayaman sekedar bisa mengambil foto-foto masjid di sana. Selanjutnya foto-foto masjid tersebut saya upload ke dalam web balimuslim.com dengan tambahan artikel. Hari demi hari, tahun ke tahun akhirnya jadilah web ini seperti adanya sekarang.

Tentu belum semua masjid di Bali saya kunjungi tapi Alhamdulillah sebagian besar masjid mulai dari Kuta sudah saya kunjungi dan dapat dimuat di balimuslim.com. Selebihnya data-data yang bisa saya dapat dari web atau media lainnya saya kutip disini. Sebagai info untunglah sekarang Kementrian Agama telah mempunyai web yang isinya lengkap tentang muslim dan Islam di seluruh wilayah Indonesia termasuk Bali (http://bali.kemenag.go.id)

Karena kesibukan kerjaan saya lainnya seringkali saya juga cukup lama absen tidak bisa mengupdate nya. Agak capek memang karena semuanya harus dikerjakan sendirian, namun saya bahagia karena bahan sebagian besar untuk isi web sudah bisa saya dapatkan. Mungkin masih jauh dari sempurna, tapi saya bersyukur impian saya untuk memberikan info tentang muslim dan Islam di Bali bisa terealisasi.

Kesulitan
Saya membangun web ini dengan kesenangan jadi saya tidak merasa adanya kesulitan. Kalau lagi badan fit, di awal-awal baru mulai mengisi konten web kadang saya bisa betah kerja sampai menjelang pagi. Saya menikmati dan mencintai kerjaan ini.

Kesulitan yang muncul adalah adanya gangguan dari pihak luar. Yah, web balimuslim.com ini pun pernah beberapa kali mendapat gangguan dari hacker. Beberapa kali web ini tampil dengan wajah yang berubah total entah karena virus atau hacker yang disengaja. Maklum saya bukan web programer profesional, jadi terus terang saya tak berdaya menghadapinya. Saya harus menginstal ulang dan mulai lagi dari awal lagi karena langkah-langkah restore sudah tidak mampu lagi. Ini membuat saya harus bekerja keras sampai pagi lagi. Yang juga menyedihkan adalah saya terpaksa kehilangan kolom komentar yang ada di setiap artikel. Karenanya kalau anda amati, artikel di web ini sudah tidak memakai komentar lagi karena saya tidak mampu menyelamatkan databasenya.

Oya, yang juga membuat saya bisa bertahan kerja sampai pagi itu adalah dukungan anda, para pengunjung dan pembaca web ini. Komentar dan saran yang saya terima via email bahwa web ini sangat bermanfaat dan terbantu dengan wisata nya ke Bali, atau memberi gambaran pembaca di luar Bali bahwa ternyata muslim di Bali tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Semua komentar dan saran ini sangat membahagiakan hati.

Saya juga merasa kasihan kepada para hacker pengganggu ini. Mungkin mereka tidak pernah atau jarang merasakan bagaimana kesulitan orang lain yang bahkan ketika ingin berbuat baik harus dipersulit atau mungkin mereka tidak pernah memiliki masa bahagia sejak kanak-kanak? entahlah, saya hanya berdoa semoga mereka diberi petunjuk oleh Allah untuk diberikan kesadaran.
Bayangkanlah, ketika anda selesai membangun sesuatu yang anda sayangi tiba-tiba ketika bangun pagi, bangunan anda itu tak lagi utuh bahkan rusak porak peranda. Saya tentu saja sedih sekali, tapi saya memahaminya sebagai sebuah cobaan dan ujian kesabaran saya.

Ungtunglah saya sudah terbiasa dengan kesulitan bahkan sejak masa muda ketika harus lepas dari tanggungan orang tua. Bahkan pernah terpuruk dan alhamdulillah bisa bangkit lagi. Seringkali saya merasa bahwa kesulitan dan kebahagiaan saya berjalan berdampingan, seperti bayang-bayang ketika kita berjalan di siang hari.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Bambang Supeno
email: bambang[at]balimuslim.com

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Profil Saya Tentang balimuslim.com

Thank you for choosing us