BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Masjid / Mushola Umar bin Hattab
Lokasi: Jalan Arsitektur, Perum Jimbaran Asri. Bukit Jimbaran, Kuta Selatan.
(dekat Kampus Universitas Udayana, Bukit Jimbaran)

Jumat awal April, siang hari disela-sela gerimis yang jatuh saya tiba di masjid ini. Setelah memarkir kendaraan saya mencari-cari papan nama masjid di halaman sekitar masjid namun tidak mendapatkan nya. Setelah bertanya kepada salah seorang jamaah yang kebetulan ada di dalam masjid barulah saya tahu kalau masjid ini belum punya papan nama. Satu-satunya nama yang ada hanyalah sebuah tulisan kecil di dinding dekat pintu masuk masjid. Namanya Musholla Umar bin Hattab.

Di panan nama yang tertera di dinding tertulis nama Musholla Umar bin Hattab, namun tempat ini lebih dikenal dengan nama Masjid Umar bin Hattab. Memang perbedaan nama musala dan masjid di Bali agak beda dengan pengertian di daerah luar Bali. Di Jawa misalnya, sebuah mushola biasanya tidak dipakai untuk salat Jumat namun di Bali pada umumnya dipakai juga untuk kegiatan salat Jumat. Saya tidak tahu kenapa demikian, mungkin ini adalah salah satu alasan masyarakat muslim di Bali yang merasa kesulitan untuk mendapatkan perijinan mendirikan sebuah masjid dari pada musala. Dari pada sulit dan menunggu waktu yang lama untuk segera membangun masjid mereka merasa lebih baik membangun musala saja supaya lebih cepat berdiri sehingga bisa segera mendirikan salat berjamaah bersama warga muslim sekitar. Bak pepatah 'Tak ada rotan akar pun jadi.' Subhanallah..

Kalau anda berada di lokasi kampus Udayana maka masjid ini bisa menjadi acuan untuk anda pakai kalau ingin salat Jumat atau lainnya. Namun untuk menemukan masjid ini tidak gampang karena minimnya petunjuk arah. Berikut petunjuk arah sebagaimana yang saya dapatkan ketika mencari lokasi masjid ini.
Ketika anda berada di jalan depan kampus Universitas Udayana cobalah cari tanda masuk ke Perumahan Bumi Jimbaran Asri. Selanjutnya masuk ke dalam perumahan dan setelah anda mendapatkan persimpangan (simpang empat) terus maju sedikit. Kemudian anda belok ke kanan lewat jalan Arsitektur dan beberapa meter di depan anda akan menjumpai masji Umar bin Hattab ini.

Berikut gambar yang saya ambil dari kamera handphone saya.

balimuslim.com | Masjid Umar bin Hattab Setelah melewati jalan kampus Universitas Udayana. Anda akan menemukan papan Perum Jimbaran Asri, belok kiri melalui jalan ini.
balimuslim.com | Masjid Umar bin Hattab
balimuslim.com | Masjid Umar bin Hattab Jalan Arsitektur yang merupakan masuk ke masjid Umar bin Hattab
balimuslim.com | Masjid Umar bin Hattab
Masjid Umar bin Hattab
balimuslim.com | Masjid Umar bin Hattab Masjid Umar bin Hattab
 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Nusa Dua Area Mushala Umar bin Hattab

Thank you for choosing us