BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Musholla Al Hidayah, Ungasan. Kuta Selatan, Kab. BadungMusholla Al Hidayah. Jalan Goa Gong No. 5, Banjar Santhi Karya.
Ungasan-Kuta Selatan. Kab. Badung, Bali.
Siang ini di kantor, saya tiba-tiba ingat pada sebuah musholla yang terletak di ketinggian bukit (desa) Ungasan.

Dulu musholla itu pernah menjadi alternatif tempat sholat kalau saya menjemput anak saya, Edy Supeno yang saat itu sekolah di SMU Kutuh. Kalau dari sekolahnya kami pulang ke rumah di Kuta dan mengambil jalan lewat By Pass Nusa Dua maka saya berhenti di Masjid Agung Ibnu Batutah yang ada di dekat Sekolah Tinggi Paiwisata Bali, tetapi kalau pulangnya saya lewat jalan Ungasan dan Jimbaran saya biasanya berhenti untuk sholat di mushola Al Hidayah ini.

Setelah bertahun-tahun siang ini saya ingat mushola ini dan mencoba ingin mengunjunginya. Begitulah, siang ketika istirahat makan siang tiba, saya bergegas menuju masjid ini yang letaknya sekitar 20 km dari kantor saya dengan harapan saya bisa ikut sholat Dzuhur berjamah tapi ternyata tidak kesampaian karena dalam perjalanan saya ternyata kesasar ke jalan lain. Maklum Mushola ini terletak di tempat terpencil sedang dari jalan raya Uluwatu ada beberapa akses jalan masuk menuju masjid ini, dan saya salah mengambil jalan sehingga ketika sudah masuk ke dalam kawasan bukit dan beberapa rumah yang ada, saya bingung karena harus berputar-putar mencari mushola ini.

Akhirnya saya balik lagi ke jalan utama Ungasan menuju Nusa Dua, baru setelah beberapa lama dan mengumpulkan segala ingatan lama saya, saya menemukan jalan menuju ke musholla Al Hidayah. Saya senang ketika bisa tiba dan melihat musholla ini kembali, namun saya tidak bisa ikut sholat berjamah karena sudah selesai dan sudah pulang.

Mushollanya sudah banyak berubah, dulu halamannya masih terbuka jadi kalau sholat Jumat kita bisa melihat ke jalan kecil yang ada di halaman musholla namun sekarang semuanya tertutup dengan dinding musholla yang berfungsi juga sebagai pagar musholla.
Saya sholat sendirian di dalam ruang musholla, dan setelah selesai baru mengambil foto-foto berbagai sudut musholla ini. Musholla nya tidak begitu luas namun bersih dan dilengkapi dengan Taman Pendidikan Al Qur'an / TK dan ada sebuah tulisan dengan huruf Arab dan Indonesia yang tertempel di dinding musholla ini.

Sebagian tulisannya (tulisan lengkapnya di foto bawah) adalah 'Red Cresent Society for United Arab Emirates' saya pikir kata yang dimaksud itu adalah Crescent bukan Cresent. Namun tidak apa-apa mungkin saya yang salah karena belum tahu arti Cresent atau kita memang adalah mahlukNya yang tidak mungkin sempurna dan tapi yang penting pahala dan amal akan tetap berjalan terus.

 

Musholla Al Hidayah, Ungasan. Kuta Selatan, Kab. Badung
 
Musholla Al Hidayah, Ungasan. Kuta Selatan, Kab. Badung
 
Musholla Al Hidayah, Ungasan. Kuta Selatan, Kab. Badung
 
Musholla Al Hidayah, Ungasan. Kuta Selatan, Kab. Badung
 
Musholla Al Hidayah, Ungasan. Kuta Selatan, Kab. Badung

 

 

Facebook FanBox

Piyantun Azli Gandrung
Ahmad Husen
Anita Zein
Akbar Rajawali Lombok
Vida Adja Dch
Zulkarnaen Alamsyah
Muhammad Akmal Che Ani
Siti Dalmiatun
I Wayan Abde NeqaRa
Abdillah Adhi Sam II
Erlina Rakhmawati
Raden Freedom
Khaidir Mahbub
Lindia Palupi

Bali Muslim Tours Tweets


You are here: Home Nusa Dua Area Musholah AL-Hidayah