BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Masjid Agung Ibu Batutah
Sebuah simbol kerukunan tempat ibadah dari Nusa Dua Bali.

Berdiri dengan megah di pelataran bukit Kampial Nusa Dua, Masjid Ibnu Batutah dapat anda lihat berdiri berdampingan dengan empat sarana ibadah umat beragama lain, yakni Pura Jagat Natha bagi umat Hindu, Vihara Budina Ghuna untuk umat Buddha, dan Gereja Bunda Maria Segala Bangsa untuk umat Katolik serta Gereja Kristen Bukit Doa untuk umat Protestan.

Lokasi ini dikenal dengan nama kompleks peribadatan Puja Mandala di Nusa Dua, Bali. Berawal dari keinginan umat Islam untuk mendirikan masjid di Nusa Dua. Namun, karena izin sulit didapatkan dengan alasan tidak memenuhi syarat pendirian bangunan ibadah yang harus mempunyai 500 KK, akhirnya keinginan itu belum dapat dilaksanakan. Pihak MUI bersama Yayasan Ibnu Batutah kemudian datang ke Jakarta untuk meminta persetujuan.

Akhirnya, ada inisiatif dari Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi, yang saat itu dijabat oleh Joop Ave, untuk membangun tempat ibadah kelima agama di satu kompleks. Ide ini didapat atas dasar keinginan presiden Soeharto yang menginginkan adanya tempat ibadah kelima agama yang berdiri di satu tempat. Pihak PT. BTDC lalu menghibahkan bantuan berupa tanah untuk membangun kelima tempat ibadah tersebut. Tanah itu dibagi sama besar dan luasnya.

Selanjutnya, untuk pendirian bangunan diserahkan sepenuhnya kepada umat masing-masing agama, dengan aturan pendirian bangunan tersebut harus sama tingginya. Puja Mandala Nusa Dua mulai dibangun tahun 1994. Tahun 1997, Puja Mandala Nusa Dua secara resmi disahkan oleh Menteri Agama Bapak Tarmidzi Taher. Saat itu hanya ada Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa, Gereja Kristen Protestan Bukit Doa dan Masjid Ibnu Batutah yang sudah selesai pembangunannya. Wihara Budhina Guna (Budha) baru selesai pembangunannya pada tahun 2003. Sementara itu, proses pembangunan Pura Jagat Natha baru dirampungkan beberapa sesudahnya.

Berikut foto-foto simbol kerukunan antar agama yang saya ambil beberapa waktu lalu ketika selesai salat Jumat di Masjid Ibnu batutah.

balimuslim.com | Puja Mandala, Simbol Kerukunan Umat Beragama di Bali

balimuslim.com - Masjid Ibnu Batutah
Masjid Agung Ibnu Batutah (1997)

balimuslim.com - Masjid Ibnu Batutah
Masjid Agung Ibnu Batutah (1997)

balimuslim.com - Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa (1997)
Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa (1997)

balimuslim.com - Vihara Budhina Guna (2003)
Vihara Budhina Guna (2003)

balimuslim.com - Gereja Kristen Prostestan Bukit Doa (1997)
Gereja Kristen Prostestan Bukit Doa (1997)

balimuslim.com - Pura Jagat Natha (2005)
Pura Jagat Natha (2005)

balimuslim.com | Puja Mandala, Simbol Kerukunan Umat Beragama di Bali

Ratusan peserta Parliament Event on Interfaith Dialog 21-24 November juga mengunjungi Puja Mandala, Nusa Dua Bali (23/11/2012) pada pukul 11.40 WITA. (btdc.co.id)

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Masjid Simbol Kerukunan Masjid Ibnu Batutah

Thank you for choosing us