BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Masjid Kampung Bugis

Masjid "Kampung Bugis" Denpasar

Didirikan oleh Pengembara Bugis
Sebetulnya masjid ini bernama Masjid Assyuhada, tetapi karena berlokasi di Kampung Bugis, Pulau Serangan, Denpasar, Bali, maka masyarakat lebih mengenalnya sebagai Masjid Kampung Bugis. Diperkirakan masjid ini masjid tertua kedua setelah masjid tertua pertama yang berada di daerah Gelgel, Gianyar. Menurut sejarah, masjid yang tertua di Pulau Bali dibangun pada masa kejayaan Majapahit.

Untuk mencapai Pulau Serangan, Anda harus menggunakan perahu bila berangkat dari Suwung dan menyusuri hutan bakau, lalu menyeberangi laut yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit (sekarang sudah bisa menggunakan jalan darat). Dan, seperti halnya pulau-pulau lain di Bali, lingkungan Pulau Serangan ini pun diwarnai penuh sesajen, bunga-bunga, dan bangunan khas Bali.

Begitu anda menginjakan kaki maka akan terlihat di depan mata sebuah rumah bercorak Bali dan didepannya terdapat pura kecil tempat bunga-bunga dan sesajen.
................... dst. nya.

Sumber buku: Masjid-Masjid Bersejarah di Indonesia (Th. terbit 1999)
Penyusun: Abdul Baqir Zain


Catatan balimuslim.com

Alhamdulillah pada tanggal 13 Nopember 2012, saya punya waktu untuk mengunjungi salah satu masjid bersejarah di Bali ini.

Kalau kita dari Denpasar atau dari arah Gianyar melewati jalan By Pass Ngurah Rai, setelah beberapa meter kita melewati supermarket Lotte Mart kita akan menjumpai jalan yang menuju Serangan ini.
Dulu Pulau Serangan merupakan pulau yang terpisah dari Pulau Bali, letaknya di sebelah timur Pelabuhan Benoa atau bila dilihat di peta, berada di sebelah timur kaki pulau Bali. Tapi kini Serangan telah menyatu dengan Pulau Bali, yakni sejak bagian laut pulau itu direklamasi awal dekade 90-an dan kini menjadi milik PT Bali Turtle Development Island (BTID).

Udara cerah dan cuaca masih seperti beberapa hari sebelumnya yaitu panas dan menyengat permukaan kulit. Setelah melalui jalan yang mulus dan memasuki desa Serangan ini kita harus membayar tiket masuk mobil ke desa sebesar dua ribu rupiah. Selanjutnya anda tinggal mengikuti jalan ini yang merupakan jalan satu-satunya menuju desa Serangan.

Berikut saya tampilkan beberapa foto yang saya ambil pada waktu di Masjid As-Syuhada, Desa Serangan tersebut.

 balimuslim.com - Masjid As-Syuhada, Kamp. Bugis, Serangan.
balimuslim.com - Masjid As-Syuhada, Kamp. Bugis, Serangan.
 balimuslim.com - Masjid As-Syuhada, Kamp. Bugis, Serangan.
 balimuslim.com - Masjid As-Syuhada, Kamp. Bugis, Serangan.

 

 

 
Pengujung sejak 1/1/09
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini356
mod_vvisit_counterKemarin604
mod_vvisit_counterMinggu ini3235
mod_vvisit_counterBulan ini10943
mod_vvisit_counterTotal436544
You are here: Home Masjid Bersejarah Masjid Kampung Bugis