BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Masjid "Kuno Singaraja"

Menjadi Tempat Mubahalah
Masjid kuno yang terletak di Jalan Hasanudin, Kelurahan Kampung Kajanan, Singaraja ini sesuai dengan namanya tergolong masjid tertua di Pulau Bali. Menurut Candrasengkala yang pernah ditemukan, masjid ini didirikan pada tahun 1654 M. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Singaraja, karena nilai sejarahnya menjadi saksi masuknya agama Islam di Pulau Dewata itu.
Menurut Dr. Sugianto, seorang peneliti budaya Bali Utara dan juga penemu kitab suci Al-Qur'an tertua di Indonesia, menyatakan bahwa masjid tua ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam penulisan Al-Qur'an tertua di Nusantara. Lebih lanjut ia menyatakan, besar kemngkinanan sebagian isi Al-Qur'an tertua ditulis di masjid ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan diketemukannya Al-Quran kuno beberapa puluh meter dari masjid ini.
...................
Sumber buku: Masjid-Masjid Bersejarah di Indonesia (Th. terbit 1999)
Penyusun: Abdul Baqir Zain

Catatan BaliMuslim.com

Jumat 23 Nopember 2013, setelah tertunda beberapa lama keinginan saya untuk mengunjungi masjid Kuna / Keramat ini tercapai juga. Alhamdulillah.

Berangkat dari rumah di Kuta sekitar jam 10 pagi dan melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Tabanan, serta singgah untuk ambil foto-foto di masjid Murobithin Baturiti perjalanan ke Singaraja akhirnya sampai tampa hambatan yang berarti. Memasuki kota Singaraja ini saya berhenti dulu dipinggir jalan dan menanyakan alamat jalan Hasanudin dimana masjid ini berada.
Tak berapa lama perjalanan ini sampai juga saya di jalan Hasanudin, tapi perlu waktu bertanya-tanya kepada orang-orang yang sedang duduk atau pun berdiri di jalan ini. Dan ketika seseorang menujukkan tempat ini, saya kaget karena ternyata masjid ini sudah dikelilingi rumah penduduk yang sangat padat. Bahkan jalan masuknya hanya berupa sebuah gang kecil yang cukup untuk jalan satu sepeda motor.

Berikut saya tampilkan beberapa foto-foto yang saya ambil di Masjid Kuna atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Keramat oleh masyarakat sekitarnya. Saya berharap anda bisa ikut merasakan bagaimana semangat dan kearifan para pendiri masjid dan Takmir masjid ini pada jaman dahulu di tengah kehidupan sebagai agama minoritas.

balimuslim.com | Masjid Kuna / Keramat

balimuslim.com | Masjid Kuna / Keramat

balimuslim.com | Masjid Kuna / Keramat

balimuslim.com | Masjid Kuna / Keramat

balimuslim.com | Masjid Kuna / Keramat

balimuslim.com | Masjid Kuna / Keramat

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Masjid Bersejarah

Thank you for choosing us