BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Islam di Bali

Agama Islam telah sampai di Bali diperkirakan pada abad ke 13 dan 14 melalui kerajaan Gelgel, namun tepat nya mulai tahun berapa belum ada penelitian yang pasti. Diakui atau tidak bahwa studi tentang asal muasal Islam di Bali masih terhitung langka. Sangat sulit untuk mendapatkan sumber tertulis mengenai sejarah masuknya Islam ke pulau Bali pertama kali.
Namun beberapa sejarawan melacak keberadaan Islam di Bali melalui tradisi lisan dan adanya berbagai komunitas Islam yang ada di berbagai daerah di Bali. Melalui penelitian di berbagai komunitas muslim di Bali dapat diketahui kapan Islam mulai berada di daearah tersebut, antara lain melalui penelitian masjid-masjid tua yang dibangun dan makam-makam kuno dari pemuka Islam di daerah tersebut yang sekarang juga dikenal dengan sebutan Wali Pitu dari Bali. Melalui sejarah lisan tersebut diketahui bahwa masuknya agama Islam ke Bali sejak abad ke 14 berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, tidak merupakan satu kesatuan yang utuh.
Dengan demikian meski tak diketahui kapan pastinya sejarah Islam di Bali telah ada sejak dahulu, dan bukan dimulai oleh para pendatang atau pedagang yang bekerja dan mencari nafka di Bali.

Beberapa komunitas kampung Islam yang ada di Bali adalah:
1. Di Banjar Lebah, Saren Jawa di desa Budakeling Kabupaten Karangasem
2. Kepaon dan kelurahan Serangan di wilayah Kota Denpasar
3. Kampung atau Desa Pegayaman Kabupaten Buleleng
4. Kampung atau Desa Loloan di Kabupaten Jembrana

Masing-masing komunitas itu membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menjadi satu kesatuan muslim yang utuh. Demikian pula dalam pembangunan masjid sejak abad XIV hingga sekarang mengalami akulturasi dengan unsur arsitektur tradisional Bali atau menyerupai stil wantilan. Akulturasi dua unsur seni yang diwujudkan dalam pembangunan masjid menjadikan tempat suci umat Islam di Bali tampak beda dengan bangunan masjid di Jawa mau pun daerah lainnya di Indonesia. Akulturasi unsur Islam-Hindu yang terjadi ratusan tahun silam memunculkan ciri khas tersendiri, unik dan menarik.

Melalui tulisan di web balimuslim.com ini saya ingin berbagi informasi mengenai Islam di Bali melalui 'wajah' umat Islam yang telah ada sejak abad XIV di berbagai komunitas Islam di Bali.
Semoga bermanfaat.

Salam,
Bambang Supeno
(dari berbagai sumber buku dan web)

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Islam di Bali Islam di Bali (Pengantar)

Thank you for choosing us