BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Masjid Darussalam di Ubung-BaliMasjid Darussalam. Jalan HOS. Cokroaminoto No. 155
Ubung - Denpasar. el. (0361) 433723 - 426970 - 420787
Hari nya masih mendung ketika saya sampai di masjid Darussalam ini untuk sholat Dhuhur.

Matahari bulan Juli yang biasanya garang kali ini tak mampu menunjukkan wajahnya karena diselimuti awan yang cukup tebal. Hujan tadi pagi juga cukup lebat namun hanya sebentar. Di kantor juga tadi sempat kedatangan beberapa wartawan dari mas media tv yang datang ke kantor dengan satu tujuan minta informasi, "kenapa cuaca saat ini yang harusnya sudah masuk musim kemarau tapi ternyata masih berpotensi turun hujan?"

Siang ini saya dalam perjalanan pulang dari kantor Pemda Kab. Badung yang terletak di desa Mengwi untuk suatu keperluan pribadi. Pulangnya saya singgah ke Masjid Darussalam, masjid ini mengingatkan saya ke sebuah kenangan dua puluhan tahun yang lalu. Sekitar tahun 1984 sampai 1989 saya sering menggunakan masjid ini untuk sholat Dhuhur atau Ashar, ketika itu saya sering bolak-balik Kuta - Ubung mengantar istri saya yang waktu itu kuliah di Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati di Ubung dekat desa Kapal (sekarang sudah tidak ada diganti dengan Sekolah Mahatma Gandhi).
Waktu itu masjidnya masih sederhana (hanya satu lantai) dan tanpa pagar sehingga kalau kita sholat dari dalam masjid bisa mendengar hiruk-pikuk kendaraan mulai dari sepeda motor hingga truk atau bus antar propinsi yang lewat membunyikan klakson. Maklum karena jalan di depan adalah jalan raya utama antara Denpasat - Gilimanuk.

Sekarang masjid ini sudah banyak berubah antara lain sudah terdiri atas 3 lantai, sudah pakai pagar sekeliling masjid. Namun satu hal yang tak pernah berubah yaitu tempat whudu'nya yang terletak di lantai bawah (basement) dan tentunya keramaian bunyi lalu lintas kendaraan yang lewat di jalan raya depan masjid. Ramai dan bising memang, tapi insyaAllah ini tak akan pernah mengurangi kekhusukan sholat kita. Jadi kalau anda baru tiba di masjid ini, ambil jalan sebelah kanan kemudian ada tangga menurun ke bawah tanah dan anda akan menjumpai tempat whudu' serta toilet. Setelah sholat saya naik ke lantai 2 dan lantai 3 sekedar ingin tahu pemandangannya. Dan ketika turun kembali saya sempat melihat kran-kran yang disediakan di tempat wudhu yang ada di lantai pertama. O, rupanya sudah ada 2 tempat wudhu yang bisa kita pakai sehingga kalau perlu anda tidak perlu turun lagi ke bawah.
Berikut beberapa gambar yang saya ambil, setelah sholat Dhuhur di Masjid Darussalam ini:

Masjid Darussalam di Ubung-Bali

Masjid Darussalam di Ubung-Bali

Masjid Darussalam di Ubung-Bali

Masjid Darussalam di Ubung-Bali

Masjid Darussalam di Ubung-Bali

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Denpasar Masjid Darussalam

Thank you for choosing us