BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Di Denpasar pun sudah Ada Kerak Telur

Selasa, 26 Oktober 2010

Kerak TelurWARGA Bali kini tidak harus pergi ke Jakarta untuk bisa menikmati kerak telur. Pak Rully, warga Bali asal Jakarta kini menjual makanan tradisional Betawi ini di Denpasar; buka pukul 18.00 tutup pukul 23.00.
Sudah dua tahun pria berusia 68 tahun ini berjualan kerak telur di Jalan Teuku Umar. Ia mengatakan di Jakarta kerak telur merupakan jenis makanan camilan yang hanya dijual malam atau sore hari, dijual dengan pikulan. “Di Denpasar saya memilih berjualan di satu tempat,” kata bapak 5 anak dan kakek 8 cucu ini.

Bahan baku kerak telur beras ketan yang diolah bersama parutan kelapa dan telur. “Proses pembuatannya cukup mudah dan hanya perlu waktu 15 menit,” katanya. Parutan kelapa sebelum dimasak bersama beras ketan, diolah menjadi serundeng (saur). Beras  ketan dimasak dalam wajan tanpa minyak di atas tungku. Proses mematangkannya menggunakan bara arang. Setelah agak matang, adonan beras ketan, serundeng, dan telur dicampuri garam, merica dan ebi. Agar matangnya sampai meresap ke dalam, makanan tersebut ditutup menggunakan penutup tanahg liat.

Pak Rully menyediakan beragam jenis telur yaitu telur ayam bukan ras, ayam kampung dan telur bebek. Jenis telur ini yang menentukan harga kerak telur. Jika memakai telur ayam bukan ras harganya Rp 10 ribu, telur ayam kampung Rp 12 ribu, dan telur bebek Rp 15 ribu.

Ia menuturkan keterampilan membuat kerak telur ini ia peroleh dari orangtuanya. “Kakek nenek saya pun ahli membuat kerak telur,” ujarnya. Berjualan kerak telur bagi Pak Rully, lebih banyak untuk mengisi waktu luang di samping kesibukannya melukis. Alumnus Fakultas Hukum di Bandung tamatan tahun 1969 ini pensiunan karyawan sebuah perusahaan asing yang mengolah minyak di Balikpapan tahun 1972 s.d. 1996 sebelum akhirnya memutuskan bertempat tinggal di Bali -tin

Sumber: Koran Tokoh, Bali.

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Denpasar Area Di Denpasar pun sudah Ada Kerak Telur

Thank you for choosing us