BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Temu Akbar IPHI Bali Menggagas Dana Abadi

Selasa, 22 Mei 2012

IPHI (Ikatan Persaudaran Haji Indonesia) menggagas terwujudnya dana abadi melalui pendirian Grand Menara Haji Indonesia yang akan dikelola dalam bentuk wakaf uang. Hal itu disampaikan Ketua Umum IPHI Pusat Mayjen. TNI (Pur) Drs, H Kurdi Mustofa, M.M. di depan ratusan anggota IPHI se-Bali dalam acara Temu Akbar IPHI Bali di Hotel Nikki, Minggu (13/5).

Pembangunan Grand Menara Haji Indonesia ditargetkan selesai tahun 2014 berlokasi di kawasan Lebak Bulus, Jakarta. Pemancangan tiang pertama pembangunan dilakukan Agustus 2012. Menara dengan 27 lantai ini, menurut Kurdi, menelan dana 800 miliar hingga 900 miliar rupiah.
“Sumber dana utama pembangunan Grand Menara Haji Indonesia berasal dari jamaah haji di daerah-daerah, yakni minimal Rp 1 juta untuk satu sertifikat,” kata Kurdi.
Menara Haji Indonesia tersebut akan difungsikan sebagai apartemen, pusat bisnis syariah Indonesia dan kondomonium yang akan digunakan untuk transit jamaah haji serta umroh dengan menjalin kerja sama dengan biro perjalanan.

Pengelolaannya, menurut Kurdi, IPHI akan bekerja sama dengan perusahaan yang profesional menangani usaha sejenis, sementara hasilnya akan dikembalikan ke masing-masing daerah.  “Sehingga, tidak ada lagi IPHI di daerah yang mengeluh tidak memiliki dana untuk melaksanakan kegiatan,” tegas lulusan terbaik Sesko AD tahun 1996 ini.

Ia mengharapkan, pengurus IPHI wilayah dan daerah memberikan kontribusi bagi daerahnya masing-masing di bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan, yakni dengan mendorong berdirinya Koperasi Syariah Haji, layanan kesehatan, dan pendidikan gratis.
Hal itu, kata Kurdi, sebagai wujud moto IPHI “Haji Sepanjang Hayat” artinya manfaat ibadah haji harus dapat dirasakan tidak hanya penyandang haji, juga masyarakat umum selamanya, di samping menerapkan dalam kehidupan sehari-hari nilai-nilai prosesi ibadah haji, seperti sa’i, thawaf, dan wukuf.  “Bali sudah memiliki Koperasi Syariah Haji, terus kembangkan agar manfaatnya dirasakan masyarakat,” ujar pria kelahiran Salatiga ini.

Temu Akbar tersebut juga diisi kirab ’IPHI Award Bidang Partisipasi Anggota terhadap Organisasi’ oleh Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Tabanan. ’IPHI Award’ ini dianugerahkan IPHI Pusat pada acara syukuran Hari Lahir ke-22 IPHI 10 April 2012 di Solo. Kemudian, dilanjutkan pelantikan Badan Koordinasi Mubaligh/Mubalighah, Qari/Qariah dan Hafidz/Hafidzah (Bakormuhaqi) Wilayah Bali.
Ketua IPHI Bali Ir. H. Maman Supratman menyebutkan jumlah umat Islam di Bali saat ini sekitar 550 ribu jiwa. Namun, kata Maman, hal ini masih perlu diimbangi peningkatkan kualitas dan kontribusinya bagi Bali, baik di bidang politik, kesehatan dan pendidikan.—nang


Sumber: Koran Tokoh, Bali.

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Artikel Muslim Temu Akbar IPHI Bali Menggagas Dana Abadi

Thank you for choosing us