BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Dari Persiapan Bangli Menjadi Tuan Rumah MTQ Bali ke-24

Dibuka Baleganjur, Incar jawara Hafalan Alquran

Hanya sekitar 2.000 orang penduduk Bangli beragama Islam. Namun Bangli tetap dipercaya menjadi tuan rumah even tiga tahunan, Musabaqoh tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Bali ke-24 ini. Seperti apa persiapannya?

DEMI menjamin kelancaran even bergengsi bagi umat Islam ini, panitia penyelenggara lokal di Bangli pun serius menggarap segala persiapan even tersebut. Tak tanggung-tanggung, Dandim 1626/ Bangli, Letkol Arm Djoni Prasetyo langsung mengomandani kegiatan tiga tahunan ini sebagai ketua panitia lokal. Dan pada selasa kemarin (15/5), panitia langsung menggelar konferensi pers untuk menyosialisasikan MTQ ini.

Dandin Djoni Prasetyo, kepada wartawan mengatakan, segala persiapan untuk MTQ ke-24 yang akan dihelat 18-20 Mei ini sudah matang. Bahkan, pihaknya mengaku akan memberikan suguhan yang megah dan lain dari penyelenggaraan di tempat lain. "Bangli ini kan unik. Penduduk muslimnya sedikit, tapi dipercaya jadi tuan rumah. Karena itu kami akan suguhkan penyelenggaraan yang mewah dan lain dari yang lain," janji Djoni Prasetyo.

Dia menjelaskan, pembukaan MTQ ini akan diawali dengan pawai dari semua kafilah atau kontingen peserta. Dalam pawai itu nantinya, panitia tidak hanya menyuguhkan aneka kesenian Islam, tapi juga dikolaborasikan dengan kesenian khas Bali berupa balehganjur." Ini sengaja kami tampilkan, sebagai bentuk harmonisnya kehidupan antarumat beragama di Bangli," terang Djoni Prasetyo.

Dalam MTQ kali ini ada tujuh cabang yang akan dilombakan. Yakni cabang Tilawatil Quran, hafalan Quran, Khottil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Tafsir Quran, dan Makalah Ilmiah Alquran. Dari tujuh cabang tersebut akan diikuti sedikitnya 197 orang peserta dari sembilan kabupaten/kota. "Untuk Bangli sendiri
karena jadi tuan rumah mengikutsertakan 31 kafilah, biasanya nggak sampai segitu," jelas Djoni.

Sebagai tuan rumah, lanjutnya, Bangli menargetkan bisa mempertahankan gelar juara untuk kategori kaligrafi saat di Jembrana tiga tahun silam. Di samping itu, ditargetkan juga bisa menguasai kategori hafalan Quran sebagai juara. "Untuk yang sudah diraih kami usahakan bisa dipertahankan, ditambah target bisa dapat di juara kelas hafalan Quran," pungkasnya. (sentot prayogi/djo)

Sumber: Radar Bali jawa Post, 16 Mei 2012.

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Artikel Muslim Dari Persiapan Bangli Menjadi Tuan Rumah MTQ Bali ke-24

Thank you for choosing us