BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

TOLERANSI BERAGAMA: Pecalang Jaga Maulid Nabi

Betapa indahnya hidup di Indonesia ini, bila cita-cita pendiri bangsa, Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu) itu terwujud. Tentu tak ada kasus berbau sara (suku, agama, ras dan antar golongan).

bercerminlah ke Klungkung? Mengapa? Toleransi antar umat beragama di sana benar-benar terlihat dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 1433 Hijriyah ini. Sebab, dalam Maulid Nabi di Klungkung, Rabu sore lalu (8/2), ada peran umat Hindu di Bali. Yang mana, perayaan yang mengundang putra almarhum KH Zaenuddin MZ, KH Fikri Haikal MZ. Peringatan dihadiri sekitar 1.000 umat Islam di Klungkung. Umat muslim nampak antusias memnuhi masjid Al Fatah di jalan Puputan Klungkung 25, Semarapura Kelod. Temanya "Menjadi pribadi selangkah lebih maju dalam toleransi antarumat beragama."

Tema ini sendiri nampak benar-benar terwujud dalam pelaksanaan itu. Ini bisa dilihat pecalang* dari Banjar Mergan, Pekandelan Kaja, Pande, dan Keamanan Kampung, bersatu padu mengamankan jalannya acara perayaan ini. Kehadiran mereka sebagai bukti sudah terwujudnya toleransi antarumat beragama.

Menurut Ketua panitia, H. Agus Jahori, sesuai dengan temanya, pihaknya melibatkan pecalang ini sudah dijalin sejak lama. Begitu juga ketika terjadi hari raya besar umat Hindu. "Seperti Nyepi, keamanan dari Kampung Jawa juga turun ikut menjaga keamanan di kampung," paparnya.

Sementara Ketua Pecalang Banjar Mergan Anak Agung Gde Susanta mengakui kalau toleransi sudah terjadi sejak lama. Ke depan, harapnya, suasana seperti ini diharapkan tetap terjadi di Klungkung. Sementara itu KH Fikri sempat menanyakan kondisi Balai Budaya Klungkung. Katanya, pada 1978 dia mengaku pernah datang bersama orang tuanya di Klungkung dan ada di Balai Budaya. Malah awalnya dikira Balai Balai Budaya sudah tidak ada lagi. Namun oleh umat dibilang sudah dibangun dengan lebih megah di pojok barat. (tra/djo)

Sumber: Radar Bali, jawa Pos. Jumat 10 Pebruari 2012

*catatan Admin Balimuslim.com: tentang Pecalang bisa dibaca di http://iwbdenpasar.wordpress.com/2009/06/26/pecalang-polisi-tradisional-bali/

 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Artikel Muslim TOLERANSI BERAGAMA: Pecalang Jaga Maulid Nabi

Thank you for choosing us