BaliMuslim.com

Pusat Informasi Muslim di Bali | Masjid | Rumah Makan Halal

balimuslim.com | Pusat Informasi Muslim Bali

Sebanyak 30 IKM Terima Sertifikat Halal
Senin, 16 Januari 2012

INDONESIA berpeluang menjadi pusat produk halal dunia dan menjadi rujukan negara lain dalam standardisasi produk halal. Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Pengkajian Produk Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LP POM MUI) Provinsi Bali H. Roichan Muchlis di hadapan 30 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) penerima sertifikat halal MUI, Kamis (12/1) di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali.

Roichan menjelaskan, peluang itu terlihat makin banyaknya negara yang menyertifikatkan produknya di Indonesia. “Sebelumnya, Indonesia bersaing dengan Turki, namun Oktober lalu, banyak negara menyertifikatkan produknya di Indonesia. MUI selalu mendorong pengusaha di Indonesia untuk mendapatkan sertifikat halal bagi produknya untuk menjamin kenyamanan dan ketenangan konsumen,” ujarnya.

Hari itu 30 pengusaha IKM mendapakan sertifikat halal dari LP POM MUI Provinsi Bali. Penyerahan sertifikat ini merupakan program bantuan sertifikasi halal dari Kementerian Agama bekerja sama dengan MUI.
Ketua Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Drs IG.K. Suthayasa, M.Si. mengatakan untuk progam bantuan sertifikasi kali ini, Kementerian Agama memberikan bantuan Rp 60 juta. Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2010. Sebelumnya, 10 IKM juga sudah menerima sertifikat serupa.
Ke-30 IKM penerima sertifikat halal itu didominasi usaha warung makan 11 IKM dan Tempat Pemotongan Ayam (TPA) 11 IKM. Selebihnya, masing-masing satu, pengolahan daging, kecap, saus, aneka kue, roti, kerupuk, sari kedelai, ayam goreng, kue semprong dan tahu tempe.

Semua penerima sertifikat ini tidak semua pengusaha muslim. Seperti I Ketut Sukarama, pemilik warung makan Mina Sari Murti di Desa Bedahkeling, Bebandem, Karangsem. Atas rekomendasi Kantor Kemenag setempat dan masukan dari MUI, warung Sukarama yang menyediakan menu serba ikan berhak mendapatkan sertifikat halal. Sukarama menuturkan warungnya memang sering dikunjungi tamu muslim.
Acara diakhiri dialog tentang produk halal bersama Ketua LP POM MUI Drs Roichan Muchlis, Ketua Komisi Fatwa MUI H. Fauzi Basulthana Lc dan Penasihat MUI Sidik Sunaryanto. - nang

Sumber: Koran Tokoh, Bali
 

balimuslim.com | Panduan Wisata Bali untuk Wisatawan Muslim

Sebuah eBook untuk Wisatawan Muslim yang ingin ke Bali

Hanya Rp 25.000 atau USD 2 saja

Pembangunan/Renovasi Masjid

Musholla Al Hidayah

Facebook FanBox

Bali Muslim Tours Tweets

Search


You are here: Home Artikel Muslim Sebanyak 30 IKM Terima Sertifikat Halal

Thank you for choosing us